Sabtu, 12 April 2014

Pribadi saya itu...

Kita tidak akan pernah bisa menyenangkan hati semua orang.
Jadi ya santai saja, 
Kalau ada perbedaan pendapat atau kritik, kan bisa dibicarakan dengan tenang.
Tidak ada susahnya kok untuk mempertahankan volume suara (di level sedang) & kontrol diri untuk tidak membumbui ucapan dengan satire.
Saya orang yg tidak suka ribut.
Tapi ternyata tidak dengan orang lain.
Pribadi ini sudah berubah dari tahun ke tahun, tetapi mungkin tidak semua mata memandang sama.
Pada akhirnya, saya memutuskan untuk diam.

Ada seorang ibu dari salah satu kawan saya yg bilang kalau saya ini kasar.
Saya salut untuk kejujuran kawan saya ketika mengatakan hal tersebut.
Tidak apa. Mungkin ada benarnya.
Kalau hati ini merasa sakit, tersinggung, dan mulai "mencari pembelaan" di otak, berarti bisa jadi yg dikatakan beliau benar dong? Setidaknya itu yg saya pikirkan dahulu.
Tahukah dia kalau setelah beberapa tahun berlalu pun saya masih teringat akan ucapan itu?
Tahukah dia kalau ucapan tersebut tertanam dalam deret kata-kata negatif yg pernah terucap dari bibir banyak orang?
Tidak apa. Mungkin ada benarnya.

Di lain waktu, seorang sahabat pernah bilang, "Kamu itu ga kasar kok. Sedikit emosional mungkin, tapi ga kasar." Entah itu pembelaan karena saya ini sahabatnya atau ungkapan pembenaran, saya hanya bisa merespon dengan, "Mm..gitu ya."

Yg saya tau, memang ada perubahan yg terjadi pada diri saya dalam beberapa tahun terakhir.
Saya yg tadinya hobi adu pendapat, menyindir, dan bicara sesuka hati, kini lebih memilih untuk diam.
Inti dari perubahan ini sebenarnya sama saja.
Saya tidak ingin ribut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar